Cara Membuka Rekening Deutsche Bank di Indonesia

membuka rekening deutsche bank

Salah satu syarat untuk mengajukan Visa Jerman (Terutama Nasional) adalah bukti bahwa kamu memiliki rekening di salah satu Bank di Jerman, oleh karena itu aku akan berbagi bagaimana cara membuka rekening Deutsche Bank. Sebenarnya Bank Jerman ada banyak jenisnya, namun yang aku pilih adalah Deutsche Bank, karena kebanyakan calon mahasiswa dari Indonesia membuat rekening Deutsche Bank.

Menyiapkan syarat-syarat untuk membuka rekening Deutsche Bank

Sama seperti di Indonesia, jika kita akan menjadi nasabah suatu Bank, kita juga harus menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan. Namun bedanya adalah sekarang kamu akan mendaftar sebagai nasabah salah satu Bank di Jerman.

membuat rekening Deutsche Bank
Cara membuat rekening Deutsche Bank

Bagi calon mahasiswa, berikut ini adalah dokumen yang harus kamu persiapkan:

  1. Isi Form aplikasi Deutsche Bank secara lengkap dan cetak sebanyak 2 kali. Cara pengisian form akan aku jelaskan selanjutnyasecara khusus pada artikel pengisian formulir DB.
  2. Paspor (asli dan 2 fotokopi), fotokopi Paspor bagian depan yang ada data diri kamu dan bagian belakang yang ada tanda tangan kamu dalam 1 lembarkertas A4.
  3. Surat penerimaan dari Universitas ataupun surat undangan dari Studienkolleg.
  4. Bank Statement,yaitu surat pernyataan dari Bank Lokal di Indonesia (BCA, Mandiri, BRI)  bahwa kamu memiliki uang minimal 8.840 Euro. Surat ini bisa kamu minta langsung ke kantor pusat bank di masing-masing kota.
  5. Rekening Koran 3 bulan terakhir. Rekening koran bisa kamu cetak sendiri secara online (tergantung Bank nya) atau kamu bisa memintanya ke Bank setempat,mintalah dilegalisir yaitu cap stempel dan tanda tangan dari Bank tersebut supaya lebih meyakinkan.

 

Proses membuka rekening Deutsche Bank

1. Jika syarat-syarat kamu sudah lengkap, kamu bisa langsung datang ke Kedutaan Jerman yang beralamat di Jl. M.H. Thamrin No.1, RT.1/RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Berdasarkan pengalaman, untuk membuat Deutsche Bank ini kamu tidak perlu membuat janji. Kamu bisa langsung datang ke Kedutaan Jerman, lalu katakan kepada pertugas di pintu masuk bahwa kamu ada keperluan membuka rekening Deutsche Bank.

2. Setelah melalui pemeriksaan barang bawaan kamu di pintu masuk, kamu akan ditunjukkan oleh petugas untuk menuju ke bagian Konsulat di lantai satu. Masuklah ke ruangan tersebut dan ambil nomor antrian. Setelah menunggu, kamu akan dipanggil dan katakan keperluan kamu yaitu membuka rekening Deutsche Bank.

3. Petugas Konsulat akan memeriksa dokumen kamu, apakah aplikasi sudah diisi dengan benar dan syarat-syaratnyasudah lengkap. Jika semuanya beres, mereka akan melegalisir dokumen kamu, lalu kamu akan diminta membayar sejumlah uang untuk pengiriman permohonan pembukaan rekening Deutsche Bank ke Jerman. Jumlah uang yang aku bayarkan waktu itu sekitar Rp 800.000, lalu aku diberikan kwitansi dari pembayaran tersebut.(jumlah pembayaran bisa berubah)

4. Sekitar 5 hari kemudian aku mendapatkan email dan lampiran file Kontobestätigung, yaitu konfirmasi bahwa telah berhasil membuka rekening Deutsche Bank. Dalam email ini juga akan ada informasi:

  • Filialnummer/Branchnummer/Cabang Bank
  • Kontonummer / Account Number / Nomor Rekening
  • IBAN
  • Bank ID Code

5. Setelah itu kamu bisa transfer ke rekening kamu minimal 8.640 Euro. Waktu itu aku mengirimnya melalui rekening BCA, aku datang langsung ke kantor pusat BCA di Yogyakarta. Untuk mentransfer uang ke rekening Bank luar negeri, aku mengantri ke bagian Valas lalu mentransfer uang dari rekening BCA ke rekening Deutsche Bank. Jika kamu ingin uang sampai dalam waktu 2 hari, kamu harus membayar Rp 80.000. Namun jika pengiriman standar dalam waktu 7 hari kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp 50.000. Selain itu, supaya uang yang masuk ke Deutsche Bank tidak kurang atau terpotong oleh pajak atau lainnya, aku harus membayar lagi sekitar 30Euro.

6. Satu bulan kemudian aku mendapatkan email dengan lampiran Geldeingangsbestätigung, yaitu lembar penyataan yang berisi bahwa sejumlah uang yang telah ditransfer sudah berhasil masuk ke rekening Deutsche Bank. Lembar ini harus kamu cetak dan bawa saat kamu mengajukan visa jerman.

Jadi itulah cara membuat akun Deutsche Bank, namun status akun Deutsche Bank masih blocked account atau diblokir, sehingga kamu harus mengaktifkannya saat sudah tiba di Jerman. Cara mengaktifkan akun Deutsche Bank di Jerman, akan aku bagi di artikel selanjutnya tentang cara mengaktifkan rekening DB di Jerman. JIka ada pertanyaan, saran atau informasi tambahan, bisa kamu tulis di komentar. Semoga artikel ini bermanfaat dan memudahkan kamu yang akan membuat rekening Deutsche Bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *