Cara Mengurus Visa Nasional Jerman

Langkah mengurus Visa Nasional Jerman di Kedutaan

Saat akan ke Jerman dengan tujuan studi, salah satu yang harus dilakukan adalah mengurus Visa Nasional Jerman. Visa Nasional Jerman adalah ijin tinggal yang dikeluarkan oleh pemerintah Jerman lebih dari 90 hari. Yang termasuk dalam Visa Nasional adalah ijin tinggal untuk tujuan studi atau kuliah, kumpul keluarga, au-pair, sprachkurs atau kursus bahasa lebih dari 90 hari, bekerja, praktek kerja atau magang, dan kerja sosial. Namun jika kamu hanya berkunjung ke Jerman kurang dari 90 hari, kamu bisa mengajukan permohonan Visa Schengen.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, visa studi termasuk ke dalam Visa Nasional karena untuk studi kamu memerlukan ijin tinggal lebih dari 90 hari. Visa studi jerman tentunya diperlukan oleh calon mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah di Jerman. Lalu bagaimana cara membuat visa nasional tersebut?

Pengalaman Mengurus Visa Nasional Jerman

Berdasarkan pengalaman pribadi, kali ini aku akan berbagai tentang bagaimana mengurus Visa Nasional Jerman untuk keperluan studi atau belajar di Jerman. Berikut ini adalah hal yang harus kamu perhatikan saat akan mengajukan visa:

1. Buat Agenda, kapan akan mengurus visa nasional jerman?

Agenda pengajuan visa ini sangat penting, karena pengajuan visa jerman juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Biasanya setiap kota tujuan akan berbeda-beda proses sampai visa selesai, yaitu mulai dari 4 minggu sampai 3 bulan. Oleh karena itu untuk persiapan, akan lebih baik kamu mengajukan visa tersebut antara 2 sampai 3 bulan sebelum hari keberangkatan ke Jerman.

2.Dokumen yang lengkap, dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk permohonan visa?

Hal terpenting saat akan membuat Visa tentunya adalah dokumen yang lengkap, jika dokumen kamu tidak lengkap maka permohonan Visa kamu tidak akan diproses. Persiapkan syarat-syarat pengajuan visa jauh-jauh hari sebelum mengajukan permohonan Visa.

Proses membuat Visa Nasional Jerman:

1.Buat Termin atau Janji di Kedutaan

Kamu bisa melakukan perjanjian temu di Kedutaan Jerman secara online, kamu bisa melihat caranya di sini.
Cetak bukti pernjanjian temu tersebut dan tunjukan saat akan memasuki Kedutaan Jerman. Jika kamu tidak membawa printout Termin ini, kamu tidak akan diijinkan memasuki Kedutaan.

2. Siapkan Dokumen Syarat Permohonan Visa

Dokumen syarat pengajuan Visa tergantung dari tujuan pengajuannya, misalnya untuk tujuan sebagai turis atau untuk keperluan Studi. Jika kamu ke Jerman bertujuan untuk studi, kamu bisa membaca informasinya pada artikel “syarat pembuatan visa untuk studi” .

Siapkan dokumen syarat yang asli dan fotokopiannya. Dokumen asli seperti polis asuransi, paspor, ijazah asli dan lainnya tidak akan mereka ambil, hanya ditunjukkan saja saat pemeriksaan oleh petugas, lalu akan mereka kembalikan lagi. Sebelum meninggalkan Kedutaan Jerman, pastikan cek semua dokumen asli kamu apakah sudah lengkap atau belum.

3. Datanglah secara pribadi dan tidak diwakilkan

Orang dewasa yang mengajukan Visa tidak bisa diwakilkan, kecuali anak di bawah 12 tahun harus datang bersama orang tuanya. Kenapa? Karena saat prosesnya nanti kamu akan ditanya beberapa hal oleh petugas, menandatangani file ataupun kalau Visa sudah jadi kamu harus melakukan sidik jari. Jika kamu datang bersama keluarga atau teman, mereka tidak bisa masuk dan hanya bisa menunggu di luar, karena hanya yang bersangkutan saja yang diperbolehkan masuk ke Kedutaan.

Setelah semuanya siap (Cetak Termin dan Dokumen Syarat), datanglah secara pribadi pada hari yang sudah kamu ajukan sesuai permohonan janji. Usahakan datang 30 menit sebelum permohonan janji dan siapkan dokumen sembari menunggu waktu. Tunjukan bukti konfirmasi pengajuan Termin tersebut kepada petugas pos satpam di depan, kemudian setelah dicek kamu bisa masuk ke dalam wilayah Kedutaan Besar Jerman. Di dalam akan ada petugas satpam yang mengecek badan dan barang bawaan kamu. Barang elektronik seperti hp, laptop, tablet dan lainnya tidak diperbolehkan dibawa, jadi nanti harus dititipkan. Biasanya menjelang tahun ajaran baru akan ada banyak calon mahasiswa yang mengajukan Visa, sehingga kamu harus mengantri panjang.

4. Pergi ke bagian Visa di lantai 2
Untuk pengajuan Visa Nasional ataupun Schengen semua di lantai 2. Nanti akan ada petugas satpam juga yang jaga, katakan saja keperluan Visa kamu nanti ada list absensi yang harus kamu tanda tangani. Selanjutnya petugas akan mengarahkan kamu ke Loket 4 untuk mengurus Visa Nasional Jerman untuk keperluan Studi. Di meja tunggu kamu akan melihat petunjuk urutan susunan dokumen, susunlah dokumen sesuai urutan tersebut dan tunggulah sampai nama kamu dipanggil.

5. Pemeriksaan Dokumen
Setelah namamu dipanggil, kamu harus memasukkan dokumen yang sudah kamu susun dua rangkap ke dalam sebuah laci geser yang ada di Loket tersebut supaya petugas dapat memeriksa dokumen kamu.
Saat pemeriksaan dokumen, petugas biasanya menanyakan beberapa hal seperti keperluan kamu, kapan akan berangkat, akan kuliah di mana, berapa lama, tinggal di mana, mau ambil jurusan apa dan lain sebagainya. Jawablah setiap pertanyaan dengan tenang, jelas, dan meyakinkan. Mereka akan mengembalikan dokumen asli kamu.
Jika dokumen kamu tidak lengkap, kamu tidak dapat mengajukan Visa dan harus membuat Termin baru dan datang lagi di hari lainnya.

6. Bayar dan Tanda tangan
Setelah dokumen kamu lengkap dan memenuhi persyaratan, kamu harus membayar untuk mengajukan Visa yaitu 60 Euro. Kamu akan diberi lembar konfirmasi yang berisi data kamu, kamu harus memeriksa apakah data sudah benar atau belum. Jika semua data benar, kamu bisa menandatanganinya dan memberikannya kepada petugas. Lalu kamu akan diberikan Kwitansi oleh petugas, di Kwitansi ini ada nomor permohonan Visa kamu dan harus kamu simpan karena nantinya akan diperlukan untuk pengambilan Visa

7. Pengambilan Visa
Proses Pengajuan Visa tergantung dari negara tujuan kamu, durasinya biasanya antara 4 minggu hingga 3 bulan. Setelah Visa kamu selesai dan disetujui, kamu akan dihubungi melalui telepon atau email. Proses Permohonan Visaku termasuk lancar yaitu 1 bulan kemudian aku mendapatkan email dari Kedutaan yang menyatakan bahwa Visaku sudah selesai. Berikut ini adalah contoh emailnya:

Email Konfirmasi Cara Mengurus Visa Nasional Jerman
Email Konfirmasi Visa Nasional Jerman

Jika kamu sudah mendapatkan pemberitahuan tersebut, segeralah siapkan Kwitansi dan Paspor kamu. Penyerahan Paspor setiap Senin-Jumat pukul 07.30 – 10.00, jika kamu menyerahkannya pada jam tersebut kamu bisa mengambil Paspor dan Visa di hari yang sama mulai pukul 11.00-12.00.
Jika kamu menyerahkan Paspor lebih dari jam 10.00 tersebut, maka Visa kamu baru bisa diambil di hari berikutnya.

Jadi untuk membuat ijin tinggal di Jerman, kamu harus membuat agenda, mempersiapkan dokumen dan syarat-syarat yang diperlukan lalu mengikuti prosesnya. Jika semua dokumen lengkap, maka proses permohonan Visa Jerman juga akan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *