Membuat Janji Visa Jerman Nasional dan Schengen

Cara Membuat Janji Visa Jerman Mudah

Salah satu proses pengajuan Visa Jerman baik itu Visa Nasional maupun Visa Schengen adalah membuat janji visa jerman (Termin). Melalui permohonan janji temu ini, kamu akan menentukan kapan (hari, tanggal dan waktu) kamu akan datang ke Kedutaan Jerman untuk mengajukan permohonan Ijin Tinggal di Jerman. Lalu bagaimana cara mengajukan Janji Temu di Kedutaan Jerman?

Proses membuat Janji Visa Jerman

Proses membuat janji visa jerman di Kedutaan Jerman akan aku bagi menjadi dua kategori, yaitu Visa Schengen dan Visa Nasional. Prosesnya sangat mudah dan dapat kamu lakukan secara online melalui website kedutaan Jerman. Sebaiknya buatlah perjanjian temu ini 3 bulan sebelum hari keberangkatan kamu ke Jerman dan pastikan semua dokumen syarat permohonan Visa kamu sudah lengkap.

Perbedaan Visa Nasional dan Visa Schengen

Sebelum aku menjelaskan proses permohonan Janji, aku akan jelaskan secara singkat perbedaan Visa Nasional Jerman dan Visa Schengen. Visa Nasional diperlukan bagi kamu yang akan tinggal di Jerman lebih dari 90 hari. Jika kamu bertujuan tinggal di Jerman untuk keperluan belajar, kumpul keluarga, kerja maupun magang, maka kamu harus mengajukan Visa Nasional ini. Namun jika kamu hanya tinggal di Jerman kurang dari 90 hari, kamu bisa mengajukan Visa Schengen. Yang termasuk dalam Visa Schengen adalah ijin tinggal untuk keperluan bisnis, kunjungan, pariwisata maupun perjalanan dinas.

Langkah Mengajukan Termin Online

1. Bukalah Website Kedutaan Jerman yaitu http://www.jakarta.diplo.de/

2. Bagian Menu atas ada pilihan Bahasa: Indonesia, Inggris, dan Deutsch. Kali ini aku pilih Deutsch. Kamu bisa memilih juga bahasa lain sesuai keinginan kamu.

3. Bagian Menu kiri, Klik “Visum beantragen” > “Termine zur Visumbeantragung” lalu akan keluar keterangan Text di bagian kanannya, kamu bisa scroll ke bawah lalu klik “Termin Vereinbaren”.

4. Lalu akan muncul jendela atau tab baru yang terdiri tadi dua pilihan permohonan Visa.
a)Untuk pengajuan Visa Schengen, klik “weiter” pada bagian Visa Schengen.

   b)Untuk Visa Nasional klik “weiter” pada bagian Visa untuk tujuan kumpul keluarga, kuliah, kursus bahasa, bekerja dan aupair.

Membuat Termin Visa Jerman Online Tahap 1
Membuat Termin Visa Jerman Online Tahap 1

 

5. Setelah klik weiter tadi, di sini akan ada perbedaan tampilan antara Visa Schengen dan Visa Nasional. Visa Schengen memiliki sub kategori yang lebih banyak.
a) Berikut ini adalah tampilan lanjutan pada membuat janji Visa Schengen.

Membuat Termin Visa Schengen sebagai Turis
Membuat Termin Visa Schengen sebagai Turis

Sebagai contoh, aku akan memilih Touristenvisum atau Visa Pariwisata dan klik “weiter”, lalu akan muncul tampilan sebagai berikut:

Membuat Termin Visa Pariwisata Schengen
Membuat Termin Visa Pariwisata Schengen

Klik lagi “weiter” lalu akan muncul jendela CAPTCA, masukkan huruf ataupun angka yang muncul pada gambar tersebut, lalu klik lagi weiter.

b) Berikut ini adalah tampilan lanjutan untuk membuat janji Visa Nasional Jerman, kamu cukup klik “weiter” sampai jendela CAPTCA masukkan huruf ataupun angkanya lalu klik lagi “weiter”:

Membuat Janji Visa Nasional Jerman Lebih dari 90 hari
Membuat Janji Visa Nasional Jerman Lebih dari 90 hari (1)

 

Membuat Janji Visa Nasional Jerman untuk Studi
Membuat Janji Visa Nasional Jerman (2)

 

6. Di halaman ini kamu dapat memilih tanggal dan bulan, jika “Termine sind verfugbar” berarti di tanggal tersebut masih tersedia. Pilihlah kapan kamu akan datang ke Kedutaan.

 

Pilihan Tanggal Membuat Termin Visa Jerman
Memilih Tanggal Kedatangan Pengajuan Visa

 

7. Pilihlah waktu atau jam kedatangan kamu klik pada “Diesem Termin buchen”, jika statusnya “In diesem Zeitraum sind alle Termin belegt” berarti sudah tidak tersedia dan kamu tidak bisa booking jam tersebut.

Pilihan Jam Membuat Termin Visa Jerman
Memilih Jam kedatangan ke Kedutaan Jerman

 

8. Setelah memilih waktu, kamu akan masuk ke halaman pengisian data diri. Lengkapilah formulir ini dengan data yang benar. Jika data yang kamu isikan salah, misalnya nomor paspor atau lainnya, maka kamu tidak diperbolehkan masuk ke Kedutaan Jerman.

Mengisi Formulir Membuat Janji Visa Jerman
Mengisi Formulir Pengajuan Termin

Masih di formulir yang sama, setelah Geburtsdatum atau tanggal lahir, kamu harus memilih sekali lagi kategori pengajuan visa. Pilihlah kategori sesuai dengan tujuan kamu mengajukan Visa tersebut. Contohnya pilihan Kategori untuk Visa Nasional yaitu Studi.

9. Setelah proses semua selesai, kamu akan mendapatkan email yang mengkonfirmasikan permohonan janji kamu di Kedutaan Jerman. Berikut ini contohnya:

Email Konfirmasi Berhasil Membuat Janji Visa Jerman
Email Konfirmasi dari Kedutaan Jerman

Email tersebut harus kamu print, dibawa dan ditunjukan pada satpam yang berjaga pada hari kedatangan kamu. Datanglah tepat waktu, sebaiknya 30 menit sebelum waktu yang ditentukan tersebut kamu sudah tiba. Jika kamu tidak bisa datang, kamu bisa melakukan pembatalan dengan cara klik pada link pembatalan yang juga ada di email konfirmasi tersebut. Lebih jelasnya kamu bisa lihat pada gambar ya.

Jadi itulah kurang lebih langkah-langkah membuat janji visa jerman yang dilakukan secara online untuk permohonan ijin tinggal di Jerman. Semoga tulisan ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan, saran, tambahan dan kritik bisa kamu tinggalkan di komentar ya kawan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *