Sistem Daur Ulang Botol di Jerman

Tanda Sistem Daur Ulang Botol di Jerman

Jerman sudah sejak lama menerapkan sistem daur ulang sampah, karena mereka menyadari pentingnya untuk menjaga lingkungnan. Salah satu sistem daur ulang yang ada di jerman adalah daur ulang botol, sistem ini disebut juga dengan Pfansflaschensystem.

Cara kerja Sistem Daur Ulang Botol

Di Jerman orang membayar deposit untuk minuman dengan botol plastik, botol kaleng atau botol kaca. Cara kerja sistem daur ulang ini adalah setiap botol yang dijual di supermarket memiliki deposit, ketika kita membeli minuman tersebut, maka kita akan membayar harga minuman tersebut dan deposit nya, sebagai contoh:

Aku membeli air mineral 1,5 liter seharga 0,99 Euro dan Pfand atau depositnya adalah 0,25 Euro atau 25 Cent, sehingga uang yang harus aku bayar untuk membeli satu botol air mineral ini adalah 1,24 Euro. Selanjutnya aku akan mendapatkan uang deposit itu kembali jika aku mengembalikan botol minum tersebut ke mesin untuk recycle botol yang ada di supermarket.

Dengan adanya sistem ini maka daur ulang botol minuman menjadi lebih cepat, efisien dan lebih baik. Karena masyarakat juga ikut berperan untuk mengurangi sampah dengan cara membawa botol yang telah dipakai untuk didaur ulang. Hal tersebut akan memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan.

Hanya berlaku di Jerman

Sistem daur ulang botol ini hanya berlaku di Jerman, sehingga jika kita membeli minuman yang diproduksi dari luar Negara Jerman, kita tidak harus membayar deposit dan tidak akan mendapatkan uang kembali.

Sebagai contohnya, aku membeli air mineral di belanda, setelah air mineralku habis aku tidak bisa memasukkan botol tersebut ke dalam mesin daur ulang yang ada di dalam supermarket di jerman untuk mendapatkan uang.

Contoh ke dua, aku membeli minum di KiosK ataupun di Imbiss yang biasanya mereka menyetok minuman yang berasal dari negara luar Jerman. Nah minuman yang aku beli dari toko tersebut tidak bisa aku bawa ke mesin otomatis daur ulang botol, karena itu bukan minuman yang diprosuksi di Jerman dan tidak ada tanda daur ulang dari negara Jerman.

Meskipun begitu, negara eropa lainnya juga ada yang menerapkan sistem daur ulang botol seperti di Jerman. Namun kebijakannya tentunya mungkin berbeda dengan negara Jerman.

Botol yang bisa didaur ulang dan Depositnya

Yang menarik dari sistem daur ulang ini adalah bahwa tidak semua botol bisa didaur ulang dan dimasukkan ke mesin otomatis yang ada di supermarket. Lalu botol apa saja yang bisa didaur ulang dan botol mana yang tidak bisa didaur ulang? Berikut ini adalah jenis-jenis botol yang bisa ataupun tidak bisa didaur ulang dan depositnya.

Semua botol yang memiliki tanda daur ulang seperti gambar di bawah ini sudah dipastikan memiliki deposit dan dapat dimasukkan ke mesin daur ulang. Harga deposit dari masing-masing botol berkisar antara 8 Cent hingga 50 Cent.

Tanda Sistem Daur Ulang Botol di Jerman
Tanda Daur Ulang

Sedangkan jika botol minuman tersebut tidak memiliki tanda tersebut, maka tidak dapat dimasukkan atau akan ditolak oleh mesin.  Deposit untuk botol air mineral di atas adalah 25 Cent, hal tersebut biasanya sudah tertulis di masing-masing botol minuman.

Hampir semua botol plastic air mineral dapat dikembalikan lagi ke supermarket dengan harga yang bervariasi. Selain itu juga hampir semua botol bir bisa didaur ulang dengan harga deposit 8 Cent. Sedangkan semua botol plastik jus tidak bias didaur ulang.

Cara Daur Ulang Botol

Berikut ini akan aku jelaskan bagaimana cara supaya kamu mendapatkan uang deposit kembali dari botol minuman yang kamu beli.

1.Kumpulkan semua botol minuman yang akan kamu daur ulang, pastikan jika botol ini memiliki tanda recycle atau memang botol ini bisa didaur ulang.

Sistem Daur Ulang Botol di Jerman
Mengumpulkan Botol

2. Bawalah botol tersebut ke Supermarket yang memiliki mesin daur ulang botol. Setau aku di hampir semua Supermarket di Jerman seperti Netto dan Rewe sudah ada mesin otomatis untuk daur ulang. Di bawah ini adalah penampakan mesinnya:

Mesin Otomatis Sistem Daur Ulang Botol di Jerman
Mesin Otomatis Daur Ulang di Supermarket

3. Masukkan botol tadi ke dalam mesin, mesin tersebut akan mengecek apakah botol tersebut bias termasuk botol dalam criteria yang bias didadur ulang atau tidak bias didaur ulang di jerman. Jika botol tersebut tidak bisa, maka botol akan keluar dengan sendirinya. Jika botol tersebut diterima, maka mesin akan menghitung berapa harga setiap botol tersebut. Setelah kamu selesai memasukkan seluruh botol yang kamu bawa, lalu tekan tombol hijau dan kamu akan mendapatkan struk yang dapat kamu berikan di kasir sekaligus dengan belanjaan kamu. Belanjaan kamu nantinya akan secara otomatis dikurangi dengan deposit botol yang kamu sudah masukkan tadi.

Cara Kerja Mesin Otomatis Sistem Daur Ulang Botol di Jerman
Tampilan Layar Mesin Daur Ulang Botol
Sistem Daur Ulang Botol di Jerman Struk Einweg di Netto
Struk Setelah Daur Ulang di Mesin

Jadi itulah informasi yang dapat aku bagi tentang system daur ulang botol di Jerman. Jika ada pertanyaan, kritik ataupun saran, bisa kalian tinggalkan di bagian komentar tulisan ini. Terimakasih sudah membaca tulisanku dan semoga bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *