Syarat Pembuatan Visa Jerman untuk Studi

Apa sih syarat pembuatan Visa Jerman? Itu adalah pertanyaan yang sering muncul ketika akan mengajukan ijin tinggal di Jerman. Mempersiapkan dokumen syarat permohonan visa ini menjadi hal penting ketika kita sudah berniat untuk tinggal di Jerman. Sudah menjadi rahasia umum, tanpa visa kita tidak bisa memasuki negara asing tujuan (baik untuk studi maupun bekerja). Kali ini aku akan berbagi mengenai dokumen yang aku siapkan berdasarkan pengalaman pribadi.

Dokumen berikut ini adalah syarat pembuatan visa jerman yang aku siapkan keperluan Studi atau Kuliah di Jerman:
a) Konfirmasi Termin, surat konfirmasi bahwa kamu sudah membuat janji untuk pengajuan visa. Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa melihat caranya di artikel  membuat janji visa jerman.

b) Isi lengkap 2 x Formulir Permohonan Visa, formulir ini bisa kamu dapatkan langsung di kedutaan jerman secara gratis atau kamu bisa juga mengunduh filenya di website kedutaan Jerman.

c) Isi lengkap 2x lembar pernyataan sesuai pasal 54 dan 55 Undang Undang Ijin tinggal, kamu bisa menguduhnya di sini.

d) Siapkan 3 lembar Pasfoto Biometris berwarna ukuran 3,5 x 4,5 cm dengan latar belakang putih atau abu-abu muda. Pasfoto tersebut harus 80% berisi wajah kamu dari seluruh gambar. Biasanya studio foto sudah tahu jika kamu mengatakan ingin Pasfoto untuk keperluan Visa.

e) Paspor (asli dan 2 fotokopi), minimal masa berlaku Paspor ini adalah 1 tahun dan minimal terdapat 3 halaman yang masih kosong. Fotokopi bagian depan yang ada informasi data diri dan bagian belakang yang ada tanda tangan kamu dalam satu lembar. Berdasarkan pengalaman pribadi, aku pernah memfotokopi hanya bagian depan (data diri) saja, lalu aku disuruh untuk memfotokopi lagi dengan disertai bagian yang ada tandatangannya.

f) Polis Asuransi Kesehatan (asli dan fotokopi.) Jerman mensyaratkan polis asuransi bagi warga negara asing yang akan memasuki Jerman, jadi sebaiknya siapkan polis asuransi ini sebelum kamu mengajukan visa. Polis asuransi ada banyak sekali yang dapat kamu pilih, polis asuransi yang harus kamu pilih adalah yang berlaku untuk tujuan ke Eropa.

Saat akan mendaftar polis asuransi di sebuah perusahaan asuransi, jangan lupa konsultasikan kebutuhkan kamu mendaftar polis asuransi tersebut. Jangan ragu untuk bertanya jika kamu belum paham. Kebetulan aku memilih Polis Asuransi dari ACA dan aku mengatakan kepada customer service untuk keperluan Studi di Jerman, lalu mereka memberikan gambaran dan memilihkan polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Polis Asuransi ini hanyalah untuk syarat pembuatan visa jerman, sebenarnya lebih tepatnya berfungsi sebagai asuransi perjalanan. Setelah kamu sampai di Jerman, nantinya kamu harus mengajukan permohonan asuransi kesehatan lokal atau Krankenversicherung.

g)  Geldseingangbestaetigung (asli dan fotokopi), ini adalah pernyataan bahwa kamu sudah menjadi nasabah di salah satu Bank di Jerman dan memiliki uang di rekening tersebut. Biasanya kamu mendapatkan ini melalui email setelah kamu berhasil mengirimkan uang ke rekening kamu yang diblokir di salah satu Bank Jerman. Untuk hal ini, aku menggunakan Deutsche Bank.

h) Zulassungsbescheid, yaitu surat konfirmasi penerimaan dari Universitas ataupun undangan dari Studienkolleg. Siapkan 2 x fotokopi Zulassung ini.

i) Dokumen Terjemahan dalam Bahasa Jerman

Jika akan melanjutkan S2, dokumen yang disiapkan adalah sebagai berikut:
-Ijazah S1, Transkip Nilai (2 rangkap)
-Ijazah SMA & SKHUN (2 rangkap)
Semua dokumen harus diterjemahkan ke Bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah. Berdasarkan pengalaman, dokumen yang sudah diterjemahkan tersebut tidak perlu lagi untuk dilegalisir ke Universitas. Di samping itu, aku juga mempersiapkan dokumen asli dan masing-masing 2 fotokopi legalisirnya dari Universitas maupun Sekolah dalam Bahasa Indonesia.

Info tambahan bagi lulusan SMA, dokumen terjemahan yang harus disiapkan adalah:
-Ijazah SMA atau STTB & SKHUN (fotokopi dan fotokopi legalisir dari sekolah)
-Nilai rapot kelas XII SMA (fotokopi dan fotokopi legalisir dari sekolah)

j) Daftar Riwayat Hidup atau CV, buatlah dalam bentuk Tabel dalam bahasa Jerman dan ditandatangani.

k) Motivationsschreiben atau Surat Motivasi, buatlah surat motivasi yang jelas dan berisi alasan mengapa kamu ingin melanjutkan studi ke jerman, bagaimana persiapan studi kamu atau bagaimana rencana studi kamu yang jelas. Buatlah dalam bahasa Jerman, karena surat ini nantinya akan dibaca oleh petugas imigrasi di kota tujuan.

l) Sertifikat Kemampuan Bahasa Jerman minimal B1 (asli dan 2 fotokopi), namun jika belum mempunyai bisa diganti dengan bukti pendaftaran sekolah bahasa di Jerman.

m) Bukti korespondensi dengan Universitas atau UNI Assist. Waktu itu aku juga mencetak percakapan dengan pihak Universitas melalui email, intinya ini seperti bukti bahwa kamu melakukan kontak dengan pihak Universitas tujuan kamu.

n) Siapkan Biaya permohonan Visa yaitu 60 Euro untuk dewasa dan 30 Euro untuk anak-anak di bawah umur dalam bentuk Cash. Jangan lupa cek dahulu berapa Kursnya, usahakan bawa uang lebih untuk jaga-jaga.

o) Anak di bawah umur 18 tahun memerlukan tambahan berupa:
– Akta Lahir (asli dan fotokopi)
– surat persetujuan dari orang tua atau wali yang sah (asli dan 2 fotokopi)

Di kedutaan nantinya kamu harus menyusun dokumen tersebut dalam 2 rangkap. Untuk persiapan setiap dokumen syarat pembuatan visa jerman tersebut aku cetak lebih dari yang diminta, misalnya setiap fotokopi maupun legalisir aku tambah 2 rangkap dan aku simpan di map yang berbeda. Hal tersebut untuk jaga-jaga jika hilang di perjalanan atau ada dokumen yang rusak atau sobek. Selain itu aku memisahkan antara dokumen asli dan fotokopi. Semua dokumen asli wajib kamu bawa saat mengajukan Visa Jerman.

Jadi ayok cek lagi apakah dokumen kamu sudah lengkap atau belum, syarat pengajuan visa bisa berubah sewaktu-waktu. Jangan lupa tinggalkan komentar, jika ada saran, komentar ataupun informasi tambahan mengenai dokumen syarat permohonan visa jerman untuk studi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *